Kisah Nabi Ilyas AS

9:02 PM 0 Comments

Nabi llyas adalah keturunan nabi Harun yang telah menjadi nabi bersamaan dengan Musa AS. la merupakan keturunan yang keempat. Nabi llyas As. diutus Allah untuk membenahi akhlak kaumnya yang sudah lupa dengan ajaran nabi Harun dan nabi Musa.
1. Dakwah Nabi llyas
Kaum nabi llyas telah melupakan dan meninggalkan ajaran nabi Harun dan Musa AS. Mereka tidak lagi menyembah Allah. Namun mereka menyembah berhala yang bernama Ba'laa.

Melihat kerusakan ini Allah mengutus nabi Ilyas agar menasehati kaumnya.

" Wahai kaumku, hentikan penyembahan kalian pada berhala wanita itu. Apakah kalian tidak berpikir kalau patung itu hanya sebuah batu yang tak dapat menolong kesulitan, "dakwah nabi Ilyas kepada kaumnya.

"Apakah kalian telah melupakan ajaran Harun dan Musa yang benar itu. Ataukah kalian tidak takut dengan siksa Allah, "tambahnya.

Namun kaumnya yang telah tertutup hatinya tidak mau mendengarkan teriakan nabi llyas. Mereka malah mendustakan nabi llyas

Dakwah nabi llyas selalu mendapat rintangan. Meskipun demikian ia tidak pernah berhenti sampai disitu. Siang dan malam nabi llyas melakukan seruannya seperti yang telah tertera dalam Al Qur'an surat Ash-Shofat ayat 124 sampai 126:

Surat Ash-Shofat ayat 124 sampai 126

Artinya:
Ingatlah ketika llyas berkata pada kaumnya : "Mengapa kamu tidak bertakwa. (Ash-Shofat: 124)
Patutkah kamu menyembah Ba'al dan kamu tinggalkan sebaik-baiknya Pencipta. (Ash-Shofat: 125)
(yaitu) Allah Tuhanmu dan Tuhan bapak-bapakmu yang terdahulu. (Ash-Shofat: 126)

Demikianlah Allah mengabadikan seruan nabi llyas dalam Al Qur'an agar umat manusia sesudahnya mau meninggalkan perbuata maksiat.

Kaum nabi llyas adalah kaum yang tidak takut dengan semua ancamannya. Pernah suatu ketika nabi llyas menakut-nakuti mereka dengan suatu ancaman. Namun mereka malah rnenantangnya dan ingin melihat serta merasakan ancaman itu.

Karena nabi llyas tidak mampu lagi mengajak kaumnya pada jalan kebenaran, maka ia pun berdoa.
" Ya Allah ya Tuhanku, berilah peringatan pada mereka agar mau mengakui kerasulanku dan mau kembali ke jalan-Mu, "doa nabi llyas.

Allah mengambulkan doa itu sehingga datanglah musim kemarau yang mematikan semua tanaman dan hewan ternak. Kemarau itu begitu panjang dan ini dirasakan oleh kaumnya.

Kaum nabi llyas semula meminta perlindungan dari berhala namun kemarau tetap berlangsung. Akhirnya mereka mendatangi nabi llyas dan meminta padanya agar kemarau itu cepat berakhir.

" Jika kalian betul-betul mengakui kerasulanku dan beriman kepada Allah, maka aku akan meminta pada-Nya agar kemarau itu berakhir, "kata nabi llyas. Kemudian ia berdoa agar kemarau itu berakhir.

Allah mengabulkan permintaannya, dan datanglah hujan yang lebat sekali. Kaumnya dapat lagi menanam gandum dan memelihara ternak lagi. Namun keinsyafan mereka tidak berlangsung lama, sebab mereka mendustakan kerasulan llyas dan tidak mau beriman kepada Allah lagi.

Karena iapun berdoa agar Allah menimpakan azab-Nya. Allahpun mengabulkan doanya. Tidak lama kemudian datanglah azab itu berupa gempa yang maha dahsyat dan mampuslah orang-orang kafir itu

(http://sejarahkisahnabi.blogspot.com/)

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: