Cara Mengatasi Sembelit

8:29 PM , 0 Comments

Herbal Tradisional untuk Mengatasi Sembelit

Untuk mengatasi sembelit, ada beberapa tumbuhan yang sangat efektif apabila digunakan untuk mengobati masalah konstipasi ketimbang menggunakan obat pencahar secara terus-menerus. Beberapa ramuan yang menggunakan bahan-bahan berikut patut Anda coba.

Kejibeling

Kejibeling atau Strobilanthes crispus Bl memiliki efek pencahar dan diuretik yang sangat baik untuk digunakan oleh penderita sembelit. Untuk membuat ramuannya, Anda tinggal merebus setengah genggam kejibeling ini dengan dua gelas air, kemudian disaring dan diminum sampai sembelit Anda sembuh.

Daun Wungu

Daun Wungu mengandung beberapa zat seperti saponin, alkaloid non toksis, glikosod, steroid, dan tanin. Kandungan saponin inilah yang memiliki efek sebagai pencahar ringan.
Cara membuat ramuannya sama dan sederhana, Anda hanya tinggal merebus beberapa lembar Daun Wungu ini kemudian saring dan langsung diminum (setelah air hasil saringannya dingin tentunya).

Lidah Buaya

 

Lidah buaya juga ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut, namun sangat baik untuk penderita sembelit.
Namun demikian, penggunaan lidah buaya ini harus hati-hati karena kandungan anthraquinone yang dimilikinya terkadang dapat menimbulkan diare dan kram usus. Alangkah lebih baiknya kalau penggunaannya disertai dengan konsultasi kepada otoritas kesehatan.
Untuk membuat ramuannya sangat sederhana: Anda hanya tinggal mengambil isi dari batang lidah buaya yang telah dibersihkan, kemudian seduh dengan setengah cangkir air panas.
Tambahkanlah madu dan dimakan dua kali sehari selagi hangat. Namun, penggunaan lidah buaya ini dilarang untuk penderita diare, wanita hamil, dan sedang haid.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: