Macam - Macam Demokrasi (Langsung, Tidak Langsung dan Campuran)

9:36 PM 1 Comments

(Apa pengertian ahli) Ada 3 jenis demokrasi berdasarkan cara penyampaian pendapat rakyat untuk dijadikan sebuah keputusan atau pertimbangan keputusan yaitu demokrasi langsung, demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan dan demokrasi perwakilan dengan sistem pengawasan langsung dari rakyat. Berikut penjelasan tentang ketiga jenis demokrasi tersebut:
  1. Demokrasi langsung adalah demokrasi yang terjadi dengan mengikutsertakan rakyat atau warga dalam proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kebijakan yang ada dalam pemerintahan. Demokrasi langsung di Indonesia berlangsung hanya dalam proses pemilihan kepala Pemerintahan seperti kepala desa, Presiden dan Gubernur, dan anggota DPR. Apabila UUD Pilkada disepakati, maka jajaran bupati dan setingkatnya akan ditunjuk oleh sistem demokrasi tidak langsung.
  2. Demokrasi langsung atau demokrasi perwakilan adalah demokrasi yang dijalankan oleh rakyat atau warga negara melalui perwakilan rakyat yang terpilih melalui pemihan umum. Di Indonesia, perwakilan rakyat disebut dengan Dewan Perwakilan Rakyat disingkat dengan DPR.  Keinginan dan masukan rakyat (Aspirasi) dimasukkan serta dikumpul oleh DPR baik secara aktif dan tidak aktif melalui anggota DPR yang mewakili daerah pemilihannya. Hal yang terjadi di Indonesia sekarang ini sering terjadi sebaliknya dikarenakan adanya sistem partai dan moral anggota DPR yang terpilih masih hancur.
  3. Demokrasi perwakilan dengan sistem pengawasan langsung dari rakyat merupakan demokrasi yang merupakan gabungan antara demokrasi langsung dan tidak langsung. Perbedaan dan kelebihannya adalah adanya referendum dan inisiatif rakyat. Demokrasi ini terjadi hingga sekarang yang anda dapat pelajari dan temui di negara Swiss. Saya rasa, Indonesia harus menjalankan demokrasi yang seperti ini. Hal ini diperlukan agar aspirasi rakyat yang sepenuhnya yang menjadi pembentuk kebijakan pemerintahan di Indonesia. 

Jenis jenis demokrasi
Apa itu demokrasi
Jadi, setelah membaca jenis jenis demokrasi diatas, demokrasi apa yang anda pilih, demokrasi langsung, tidak langsung atau demokrasi campuran. Pilihan anda menentukan kebaikan Indonesia kedepannya. Sekedar info, demokrasi kita akan kembali ke Orde Baru apabila UU PEMILUKADA disepakati dan disahkan menjadi aturan resmi, hal ini akan berakibat rusaknya demokrasi yang ada.
Sekian ulasan tentang jenis jenis demokrasi, like and share bila anda suka dan jadi bahan renungan buat kawan kawan anda tentang bagaimana jenis demokrasi di Indonesia yang pas dan adem untuk kesejahteraan rakyat agar tercapainya cita cita demokrasi yang sesungguhnya seperti yang tercantum dalam istilah demokrasi pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia ini.

 Sumber : http://www.apapengertianahli.com

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: