How To Save Our Earth

4:14 PM 2 Comments


Tindakan Kecil yang Bisa Menyelamatkan Bumi Kita
Tidak perlu melakukan tindakan yang besar untuk menjaga bumi tetap indah,  tindakan ringan pun jika kita lakukan bersama-sama dan terus menerus pasti bisa memberi dampak yang luar biasa bagi bumi.
  1. Buanglah sampah pada tempatnya. Inilah slogan yang sering kita baca bahkan sejak kita masih anak-anak. Tapi entah kenapa slogan hanyalah sebagai hiasan dinding saja, sampah masih berkeliaran dimana-mana. udah kayak nyamuk aja tuh si sampah, sulit sekali untuk dibasmi hehehe. Apalagi yang menjadi tren di masyarakat saat ini adalah membuang sampah di sungai. entah sejak kapan kebiasaan itu bermula, sungai-sungai menjadi kotor, alhasil sungai tidak bisa memuat air lebih banyak. ketika hujan turun, datanglah si banjir yang menyapu seluruh pemukiman, walah walah, jadi makin kotor aja kan pemukimannya.
    Ibaratnya gini, kita membuang sampah disungai. sudah jelas dong, kita membuang sampah agar pemukiman bebas dari pencemaran. Tapi apa yang terjadi, kita hanya memikirkan pemukiman tanpa memikirkan linkungan sekitar. Akibatnya, sampah-sampah itu kembali lagi ke pemukiman ketika terjadi banjir. Nah loo.
  2. Gunakan energi seperlunya. Matikan televisi jika sudah tidak digunakan, matikan lampu, ac dan peralatan elektronik lain yang sekiranya tidak terlalu penting.
    Bahan bakar minyak pun juga demikian, gunakan minyak bumi dengan bijak. masak sih mau ke tetangga sebelah aja bawa sepeda motor. pemborosan banget kan. Coba kalau kita mau berjalan kaki, selain hemat BBM, tubuh juga menjadi sehat karena kita telah berolah raga.
  3. Peduli lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar adalah linkungan yang paling dekat dengan rumah kita. So, rawatlah lingkungan tersebut sebaik mungkin. Kegiatan kerja bakti antar RT tiap minggu akan sangat bagus guna merawat kebersihan lingkungan.
  4. Sayangi makhluk lainnya. Hewan dan tumbuhan adalah dua makhluk hidup yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan kita. Memanfaatkan sumber daya yang ada dengan bijak sudah seharusnya dilakukan oleh setiap manusia. Kebanyakan dari kita malas untuk berpikir kedepan, menghabiskan SDA dengan brutal tanpa memikirkan dampak bagi anak-anak kita nantinya. Coba bayangkan jika anak-anak kita nantinya sudah tidak bisa menikmati keindahan laut raja ampat, tidak bisa lagi menikmati berbagai macam kuliner yang ada. yang mereka tahu hanyalah hamparan tanah gersang dan pohon-pohon yang mati. Nah, agar generasi-generasi penerus masih bisa menikmati semua itu, rawatlah bumi ini dengan sebaik-baiknya.
Sumber : http://ichbinnabil.blogspot.com

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

2 komentar: