Sensasi
berjalan menembus awan di angkasa, hanya dapat dinikmati di Jembatan Le
Viaduc de Millau, jembatan tertinggi di dunia yang berlokasi di Millau,
Prancis. Jembatan ini menghubungkan Paris dan Barcelona. Jembatan ini
juga dilengkapi dengan kaca transparan yang aerodinamis yang berfungsi
melindungi mobil dari hembusan angin.
Jembatan Millau (le Viaduc de Millau)
adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi
lembah Sungai Tarn di pegunungan Massif Central dekat Millau di selatan
Prancis, yang pada pagi hari selalu diselimuti oleh embun pagi. Orang
yang berkendaraan melintasi awan-awan yang mengambang rendah di
pegunungan dapat dengan mudah menggapainya, sambil melihat pemandangan
yang luar biasa menakjubkan di bawahnya serta tanpa perlu khawatir
gangguan angin yang kuat. Jika Anda melintasi jembatan ini, maka Anda
laksana berjalan di langit dengan menembus atau diiringi awan yang
berarak. Sungguh sensasi yang luar biasa.
Jembatan
unik ini kini bukan hanya jadi sarana transportasi tapi juga ajang
wisata. Banyak wisatawan yang ingin menjajal berkendaraan bersamaan
dengan awan yang berarak di sekelilingnya serta mengambil foto cantik
jembatan ini. Menurut Chirac, pembangun jembatan ini merupakan
keajaiban dan menjadi lambang kemajuan teknik sipil Prancis. Jembatan ini juga berfungsi sebagai simbol dari kemoderan Prancis.
Dirancang oleh teknisi jembatan Prancis Michel Virlogeux dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Lord Foster. Millau
merupakan jembatan tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 343
meter (1.118 kaki), sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40
m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Viaduc de Millau
memperoleh penghargaan atas konstruksi yang unggul dari Internasional
Asosiasi untuk Jembatan dan tanah Konstruksi IABSE.
Jembatan ini dibangun dengan menggunakan metode pelaksanaan Incremental Launching Method
/ ILM. ILM adalah suatu metode erection pada jembatan bentang panjang
yang sudad diimplementasikan sejak tahun 1962 yaitu di Rio Caroni Bridge
di Venezuela. Metode ini ditemukan oleh Prof. Dr. Ing. F. Leonhardt dan partnernya Willi Baur. Metode ini telah dipatentkan sejak tahun 1967.
Design Jembatan
- Viaduc de Millau memiliki total panjang 2460 m dan lebar adalah 32 m.
- Terdiri atas 8 bentang atau spans dan 7 buah tiang jembatan / piers.
- Terpanjang bagian antara kolom diukur 342 m.
- Tinggi tiang tertinggi adalah 343 m. Tinggi pylon adalah 87 m.
- Tebal jalan 4.20 m dan lebar deck adalah 27,35 m.
- Total beton yang digunakan adalah 227.000 ton dan baja yang digunakan 39.700 ton.
Fakta-fakta mengenai jembatan ini:
- Tiang kaki-kakinya tertinggi di dunia: tiang P2 setinggi 244,96 meter dan P3 221,05 meter, mematahkan rekor Prancis yg sebelumnya dipegang oleh Tulle and Verrieres Viaducts (141 meter), dan rekor dunia yg sebelumnya dipegang oleh Kochertal Viaduct (jerman) yg berketinggian 181 meter.
- Tiang jembatannya tertinggi di dunia: puncaknya mencapai tinggi 343 meter berdiri di atas tiang P2.
- Jalan raya jembatan tertinggi di dunia: terletak pada ketinggian 270 meter di atas permukaan laut pada titik tertingginya. Hanya jembatan gantung Royal Gorge Bridge (321 meter) di Colorado, Amerika, yg lebih tinggi, itupun hanya digunakan untuk pejalan kaki
Tidak ada komentar:
Posting Komentar